Sabtu, 27 Februari 2016

Cara Membuat Halaman Web Sederhana

Cara Membuat Halaman Web Sederhana

Cara membuat halaman web sederhana sangatlah mudah, dikarenakan perangkat membuat web sangat mudah ditemui di internet dan rata-rata program tersebut gratis. Dalam tutorial kali ini perangkat yang dibutuhkan antara lain:
  • Notepad, atau anda bisa mencoba notepad ++ yang mana dalam program ini tersedia fitur yang lebih baik ketimbang notepad bawaan windows.
  • Browser sebagai program penampil halaman web. Jika anda pengguna windows, biasanya browser IE(Internet Explorer) akan terinstall otomatis. Anda juga bisa menggunakan browser dari google, yaitu Chrome.
yang pertama, buka program notepad dari komputer anda dengan cara:
  • Mengeklik tombol windows
  • Setelah itu klik tulisan All Program
  • Maka akan muncul berbagai folder dan pilih folder yang bernama Accessories
  • Klik folder Accessories, setelah muncul berbagai program dalam folder tersebut, klik program notepad.
Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar dibawah ini.
cara membuka halaman notepad- nyekrip
cara membuka halaman notepad- nyekrip
Pada gambar diatas terdapat dua blok, blok pertama yang bewarna hijau adalah tempat tombol Windows, dan yang kedua blok yang bewarna merah muda adalah tempat program Notepad.
Setelah program Notepad terbuka, silahkan ketikkan skrip dibawah ini atau jika ingin cepat anda bisa langsung mengkopi dan mempaste di notepad anda.
Setelah anda mengetik skrip diatas silahkan anda save dengan cara klik file dan save, ketika muncul halaman save ketikkan nama file ” index.html ” atau terserah anda, yang terpenting adalah nama file diakhiri .html.
Setelah itu lihat kolom dibawah file name, disitu terdapat kolom Save as Type dan pilih All Files. Langkah selanjutnya tinggal klik tombol Save. Untuk lebih jelas silahkan lihat gambar dibawah ini.
cara save file di notepad - nyekrip
cara save file di notepad – nyekrip
Pada gambar diatas terdapat area yang diblok dengan warna hijau, diarea tersebut terdapat tulisan save, dengan mengeklik tulisan ini maka akan muncul halaman Save seperti gambar dibawah ini:

Perhatikan gambar diatas, terdapat dua area yang diblok. Pada area yang diblok dengan warna hijau adalah tempat untuk memberi nama file dan pastikan nama file berakhiran.html. sedangkan area yang diblok bewarna merah muda adalah dropdown untuk memilih jenis file yang akan disimpan, pastikan pilihan berisi All files.
Setelah file html terbentuk dan tersimpan (dalam tutorial ini file disimpan dalam folder yang bernama ” new folder “) maka buka file tersebut dengan cara mengeklik dua kali, setelah itu akan ada browser yang menampilkan halaman web yang telah kita buat. Halaman web tersebut akan terlihat seperti gambar dibawah ini:
Pada gambar diatas terdapat dua area yang diblok, yang diblok dengan warna hijau adalah letak tulisan yang di ketik dalam Tag Title sedangkan yang bewarna merah muda adalah letak tulisan yang diketik didalam Tag Body.
Tutorial diatas adalah cara bagaimana membuat halaman web yang sederhana, belum menyentuh kearah pengaturan layout. Pengaturan layout akan melibatkan banyak elemen dan tentunya skrip CSS akan berperan penuh, untuk pembahasan lebih lanjut tentang layout akan dibahas dalam kategori belajar CSS pada kesempatan berikutnya.
Dalam tutorial ini hanya melibatkan skrip HTML, jika anda ingin membuat website sederhana yang melibatkan skrip CSS, anda bisa mengunjungi artikel ” Cara Membuat Website Sederhana dengan HTML 5 “.

0 komentar:

Posting Komentar